PC Lakpesdam NU Jombang
Senin - Jumat: +62 321 854131 | 09:00 - 17:00

Kebijakan FDS

PERNYATAAN SIKAP
LAKPESDAM NU KABUPATEN JOMBANG
Tentang Kebijakan FDS (Full Day School) oleh KEMENDIKBUD RI

 

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama’ (LAKPESDAM NU) Kab. Jombang sebagai departementasi bidang kajian dan pengembang SDM di lingkungan NU punya peran dan tanggung jawab atas pengembangan SDM di lingkungan NU. Berkenaan dengan Kebijakan Full Day School (FDS) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, setelah memperhatikan dan melakukan Kajian secara komprehensif, Pengurus LAKPESDAM NU Kab. Jombang menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hendaknya melakukan kajian ulang secara matang dan utuh. Dalam kondisi satuan pendidikan yang masih di bawah standar, maka gagasan FDS tidak akan berjalan efektif. Selain itu, keragaman kondisi peserta didik, orang tua, dan masyarakat sudah terfasilitasi dengan model pembelajaran yang beragam, ada yang reguler/normal dan ada yang sehari penuh sehingga orang tua diberikan keleluasaan untuk memilih. Bahkan dalam kondisi tertentu anak tidak perlu berlama-lama di sekolah, agar cepat berinteraksi dengan orang tua dan lingkungan sekitar, sebagai instrumen penting pembentukan karakter anak.
  2. Jam belajar anak di sekolah sampai sore akan berdampak pada kegiatan pendidikan yang lainnya di luar sekolah terutama pendidikan agama atau sekolah diniyah yang sudah berjalan puluhan bahkan ratusan tahun di Negeri ini yang merupakan kegiatan yang sangat penting dalam penguasaan dasar keagamaan dan pembentukan karakter nilai-nilai keagamaan bagi anak-anak.
  3. Secara ekonomi pemberlakuan jam belajar sampai sore akan memberatkan bagi orang tua maupun sekolah. Orang tua yang memiliki latar belakang ekonomi yang kurang mampu harus menambah anggaran untuk anak-anaknya karena anak harus makan siang sedangkan Negara sendiri tidak menyediakan anggaran untuk hal tersebut.
  4. Lakpesdam NU kab. Jombang meminta agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mencabut pemberlakuan kebijakan tersebut serta agar memperhatikan dampak negatif secara menyeluruh akibat yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut

Semoga Allah SWT meridhai usaha mulia kita dalam membangun dan mencerdaskan bangsa. Kepada Allah kita berserah diri. Amin.

Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jombang, 10 Agustus 2017
Ketua Lakpesdam Jombang

SADAD MAHIRI

Leave a Reply